Sabtu, 17 Oktober 2009

Sistem Transfer Pulsa Telepon Seluler, Berbasis Short Message Service (SMS) Studi Kasus: PT. Indosat Multimedia Mobile (IM3)

Salah satu kendala dalam berkomunikasi seluler, terutama bagi pengguna layanan prabayar, adalah keterbatasan pulsa. Salah satu alternatif untuk mengatasi kendala tersebut adalah mekanisme Sistem Transfer Pulsa Telepon Seluler Berbasis SMS. Pelanggan dengan nilai pulsa lebih banyak dapat memindahkan sebagian nilai pulsanya kepada pelanggan lain yang memiliki pulsa terbatas atau bahkan habis. Transfer pulsa dilakukan dengan mengirimkan pesan SMS yang berisi permintaan transfer sejumlah nilai pulsa ke nomor lain pada operator yang sama. Berdasarkan pengujian kuantitatif, diperlukan durasi 3,504 detik untuk proses di server dengan sampel data 50.000 record. Pengukuran menunjukkan sistem mampu menyelesaikan satu transaksi SMS rata-rata selama 8,759 detik. Lamanya proses ini masih memenuhi QoS transaksi SMS yang mensyaratkan satu transaksi SMS harus selesai sebelum 10 detik. Tingginya ekspektasi responden, penilaian terhadap sistem, dan kemudahan format pesan menunjukkan sistem ini dapat dikatakan berhasil dan cukup menjanjikan untuk implementasi

Sumber : IT TELKOM

Penulis 1 : Ahmad Nugraha R.
Penulis 2 : Fazmah Arif Y.
Penulis 3 : Suyatno

1 komentar:

  1. @ ARIS NURFAIZIN : Untuk sisa pulsa yang di gunakan untuk melakukan Transfer pulsa itu di tentukan Oleh PROVIDER, karna itu Tidak ada harga yang baku untuk itu.
    @ SAMUEL ANGGA SAPUTRA : Jika sistem transfer pulsa dilakukan pada waktu bersamaan merupakan serupa dengan SMS biasa, karna sistem nya masih berbasis SMS, sehingga dapat dilakukan 10 atau lebih transferan pada waktu yang sama, pasti nya dari nomer yang berbeda.
    @ ROYADI : Untuk pulsa minimum yang harus tersisa itu merupakan strategi dari pemasaran masing-masing provider, ketentuan tsb juga merupakan bukan ketentuan yang baku, tidak ada hubungannya dengan sistem kerja transferan pulsa tersebut
    @ ARIFIN : Metode Transfer pulsa juga di lakukan oleh beberapa layanan operator,INDOSAT ,telkomsel, esia, contoh nya.. untuk ketentuan dan aturan main nya biasa nya berbeda antar operator.
    @ YUDI : Jika Pelaksanaan Transfer pulsa terganggu oleh masalah sinyal maka transfer tidak dpt di lakukan, untuk waktu yang di tetukan sebagai QoS..(maksimal 10 detik) berlaku pada keadaan normal tanpa gangguan. jadi pengiriman akan lanjut apabila kondisi sistem selular nya sudah stabil.


    THX buat semua temanS ikut berpartisisapi.. kalo blom puas atas jawaban nya , koment aja lagi... oke.. :)

    BalasHapus