Sabtu, 31 Oktober 2009

Emulasi Aplikasi Pemantauan Ruangan Melalui Handphone menggunakan webcam

Sigit Zakaria (41407110086)

Emulasi Aplikasi Pemantauan Ruangan Melalui Handphone menggunakan webcam

Sistem pemantauan ruangan yang umum dipakai menggunakan kamera yang dihubungkan dengan televisi atau komputer untuk menampilkan hasil capture kamera. Sistem ini mempunyai kelemahan hasil tangkapan kamera hanya dapat diakses dari
tempat yang relatif dekat. Kelemahan yang lain adalah kamera yang ada letaknya relatif tetap, tidak bisa bergerak ataupun berputar. Untuk mengatasi masalah ini dibuat sebuah aplikasi yang mengakses hasil capture kamera melalui handphone. Webcam dihubungkan ke computer server, handphone mengakses IP address computer server untuk mendapatkan hasil capture webcam. Webcam diletakkan di atas sebuah robot mobil untuk

Java 2 Micro Edition
Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan bagian dari bahasa pemrograman Java yang dirancang untuk menjalankan program-program java pada perangkat bergerak dengan jumlah memori yang kecil seperti handphone dan Personal Digital Assistant (PDA).

Kedudukan J2ME dalam arsitektur bahasa pemrograman Java
J2ME terdiri dari beberapa komponen yaitu:
• Java Virtual Machine
Komponen ini untuk menjalankan program-program Java pada emulator atau handheld device.

• Java API (Application Programming Interface)
Komponen ini merupakan kumpulan library untuk menjalankan dan mengembangkan java pada handheld device.

• Tools lain untuk pengembangan Berupa emulator handphone atau PDA yang digunakan untuk simulasi program dikomputer.


Perencanaan Sistem
Perencanaan sistem terdiri dari dua bagian yaitu pengambilan gambar webcam oleh komputer server dan pembentukan koneksi antara handphone dan komputer server.

Sistem terdiri dari:
- Komputer server yang mengendalikan webcam dan robot mobil
- Handphone yang terhubung ke jaringan GPRS

Garis besar kerja sistem adalah sebagai berikut:
- Handphone akan menghubungi server melalui jaringan GPRS. Ada dua hal yang bisa dilakukan oleh handphone, meminta server untuk mengaktifkan webcam dan meminta sever untuk menggerakkan robot mobil

- Webcam menerima perintah dari server untuk melakukan capture kondisi ruangan dan hasilnya disimpan ke dalam server untuk kemudian dikirimkan ke handphone



- Robot mobil menerima perintah dari server dan kemudian bergerak sesuai dengan perintah yang diterima untuk mengatur posisi webcam.

Implementasi Sistem
Dalam implementasinya ada dua program yang dihasilkan. Program pertama diletakkan dalam computer server, dipakai untuk melayani permintaan dari handphone, mengirim perintah ke robot mobil dan mengirim perintah ke webcam. Program kedua diletakkan dalam handphone, berfungsi sebagai client dan merupakan interface terhadap user. Program server diimplementasikan dengan menggunakan Microsoft Visual C++ dengan bantuan komponen VideoOCX [4]. Program client dimplementasikan dengan menggunakan Java 2 Micro Edition [6].


Pengujian Sistem
Pengujian sistem dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan Aplikasi Pemantauan Ruangan melalui Handphone menggunakan Webcam. Pengujian yang dilakukan adalah: pengujian download gambar dari komputer server, pengujian pengiriman perintah pengendalian robot ke komputer server, serta pengujian pengiriman bit kontrol robot oleh komputer server.

Jaringan komputer yang dipakai adalah jaringan komputer Laboratorium yang terhubung ke Internet. IP address yang dipergunakan adalah 192.168.12.104 dan 192.168.12.105.

Pengujian Download Gambar dari Komputer Server
Sampai saat ini pengujian pengaksesan gambar hasil capture webcam dilakukan dari emulator handphone. Pengaksesan gambar dari handphone baru berhasil dilakukan untuk gambar dengan ukuran file lebih kecil dari 1 kB. Hal diperkirakan disebabkan oleh keadaan jaringan provider selular serta bandwidth jaringan tempat server berada tidak memungkinkan untuk dilakukan secara real. Pada pengujian pengaksesan gambar melalui handphone, gambar yang digunakan adalah gambar PNG yang sudah dibuat bukan gambar hasil capture webcam.
Pada pengujian download gambar hasil capture J2ME serta emulator Nokia 3300 yang dapat didownload dari http://www.devx.com/Nokia/RSS Feed/21160. Pengujian dilakukan dari local server (emulator dan webcam berada pada satu komputer) maupun melalui koneksi internet.

Pengujian selang waktu yang diperlukan untuk mengakses sebuah frame sejak diambil webcam sampai ditampilkan di emulator yang dilakukan melalui local area network. Pengukuran selang waktu dilakukan dengan mengarahkan webcam pada dua jenis keadaan yang kontras, misalnya pada mulanya webcam ditutupi benda tertentu sehingga hasil pengambilan gambarnya hanya berupa tampilan berwarna hitam, kemudian benda diangkat dengan cepat sehingga webcam kembali mengambil gambar situasi ruangan. Dengan demikian mempermudah membedakan dua frame yang berurutan.


Jurnal Teknik Elektro Vol. 5, No. 2, September 2005: 102 - 108

Tidak ada komentar:

Posting Komentar