Kamis, 05 November 2009

APLIKASI BLUETOOTH SEBAGAI PENGENDALI ROBOT SEDERHANA

Skripsi ini dibuat dengan tujuan merancang dan merealisasikan sebuah robot sederhana dengan memanfaatkan protokol Serial Port Profile pada bluetooth. Sistem yang direalisasikan terdiri dari remote kontrol manual dan sebuah robot sederhana yang didalamnya terdapat modul-modul yang berfungsi mengontrol gerak dari robot.
Aplikasi bluetooth sebagai pengendali robot sederhana ini menggunakan mikrokontroler AT89S52 sebagai basis pengendalinya. Modul untuk mengontrol kondisi robot sederhana terdiri dari 2 mode yaitu mode remote kontrol manual yang terdiri dari modul mikrokontroler AT89S52, modul LCD 16x2 dilengkapi dengan input keypad. Dan menggunakan komputer yang dilengkapi dengan program antarmuka menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Robot sederhana ini dapat dijalankan jika modul bluetooth dalam keadaan terhubung walaupun modul pengontrol berada pada ruang yang berbeda.
Dari pengujian yang dilakukan didapatkan alat yang digunakan dapat terkoneksi dengan jarak maksimum 10,2 m dengan kondisi tanpa halangan sedangkan dengan kondisi halangan jarak maksimum yang dapat dicakup 10 m.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang

Perkembangan teknologi menimbulkan kecenderungan untuk membuat kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Pengendalian dan pengiriman data tanpa menggunakan kabel (wireless) merupakan salah satu wujud nyata dari kecenderungan tersebut. Pengendalian dan pengiriman data dengan tidak menggunakan kabel sekarang umum menggunakan media infra merah, ultrasonik, gelombang radio, laser, jaringan telepon selular (Handphone) dan sebagainya.
Melalui teknologi wireless yang terus berkembang selama beberapa tahun terakhir, penggunaan kabel sebagai sarana komunikasi semakin dikurangi hal ini dikarenakan memiliki keterbatasan antara lain panjang kabel, pemasangan kabel, instalasi kabel yang rumit, tidak praktis dan tidak fleksibel.
Teknologi Bluetooth merupakan salah satu media pengganti kabel dan infrared link yang menghubungkan devais yang satu dan lainnya menggunakan hubungan radio jarak dekat. Bluetooth beroperasi pada ISM Band (Industrial, Scientific, and Medical) pada 2.4GHz dan didesain ringan serta mudah dibawa. Bluetooth dapat digabungkan dengan perlengkapan lain dan terdapat standarisasi serta protokol agar membuatnya mobile, kuat, dan tidak tergantung dari perusahaan tertentu.
Keunggulan bluetooth antara lain berdaya rendah, mudah digunakan, transfer data maksimum 721Kbps, tahan terhadap noise karena menggunakan frekuensi-hopping.
Penggunaan komputer sebagai pusat pengendali, mikrokontroler sebagai pengatur kerja alat dan penerima umpan balik, serta komunikasi jaringan serial berbasis RS 232 merupakan salah satu alternatif yang dapat diimplementasikan untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Komputer, dengan antarmuka berbasis GUI ( Graphical Unit Interface ) merupakan suatu pusat pengendali yang amat mudah dioperasikan. Sebagai tulang punggung jaringan yang menghubungkan mikrokontroler, bluetooth dan komputer digunakan standar RS 232. Standar ini mempunyai keunggulan antara lain murah, dan kecepatannya dapat mencapai 100 kbps. Mikrokontroler sebagai pengendali suatu alat juga relatif mudah dan fleksibel untuk digunakan sebab bersifat programmable.
Berdasarkan berbagai keunggulan yang telah disebutkan di atas maka pada skripsi ini akan dirancang dan direalisasikan sebuah wireless pengendali robot sederhana menggunakan teknologi Bluetooth dengan harapan dapat mengurangi ketergantungan kita terhadap kabel dan praktis.

1.2. Batasan Masalah
Berdasarkan Surat Tugas nomor 487/I.3/FTE/VIII/2004 tanggal 10 Agustus 2006 skripsi ini bertujuan untuk merancang dan mewujudkan aplikasi Bluetooth sebagai pengendali robot sederhana. Adapun spesifikasi alat yang dirancang adalah sebagai berikut:
1. Menggunakan komputer dengan perangkat lunak antarmuka berbasis GUI yaitu Visual Basic.
2. Menggunakan mikrokontroler keluarga MCS-51 sebagai pengendali motor dan sensor.
3. Mendukung protokol bluetooth sederhana sesuai standard bluetooth.
4. Jarak yang dimungkinkan untuk pengiriman data maksimum 10 m pada medium transmisi yang tetap.
5. Terdapat fasilitas sensor halangan dari robot sehingga memungkinkan robot akan berhenti jika terdapat halangan.

1.3 Garis Besar Penulisan
Bab I membahas mengenai tujuan penulisan skripsi ini, yang kemudian dilanjutkan dengan latar belakang masalah alasan dibuatnya skripsi ini, lalu dilanjutkan dengan batasan masalah, dan diakhiri dengan pembahasan mengenai garis besar penulisan skripsi.
Sistem aplikasi bluetooth sebagai pengendali robot sederhana yang merupakan judul dari bab II, membahas tentang teknologi bluetooth khususnya serial port profile serta blok diagram dari keseluruhan alat beserta gambaran dasar dari modul yang menunjang perancangan alat yang dibuat.
Pembahasan realisasi dari perancangan perangkat keras secara terperinci per bagian dari gambar untai sampai nilai komponen dan realisasi dari perangkat lunak dimulai dengan bagan alir, pembahasan, dan cara kerja perangkat lunak yang dibuat terdapat pada Bab III Realisasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.
Bab IV Pengujian dan Analisis, membahas tentang cara cara yang dilakukan untuk pengujian aplikasi sistem perangkat keras dan perangkat lunak serta analisa hasil-hasil pengujian sistem yang telah direalisasikan.

Kesimpulan yang didapat dari skripsi ini serta saran saran yang diperlukan untuk pengembangan lebih lanjut dijelaskan pada Bab V Penutup.

NAMA : SOUMAN SANI
NIM : 41407110119

Tidak ada komentar:

Posting Komentar